selamat datang di blog qu....wiwin_maniezz...hehe...

Kamis, 11 Februari 2010

zaman kono

Pembuatan roti di zaman kuno

Produksi gandum

Biji-bijian sudah sejak lama dimanfaatkan manusia untuk pangan

Seorang arkeolog Kanada menemukan bukti paling awal sejauh ini, mengenai kegiatan manusia memanfaatkan bijian-bijian liar sebagai makanan.

Bukti tersebut didapat dari penemuan perkakas batu di gua di Mozambik yang berusia lebih dari 100 ribu tahun.

Julio Mercader, arkeolog dari Universitas Calgary menemukan puluhan perkakas batu dua tahun lalu ketika melakukan penggalian di sejumlah gua di Mozambik.

Perkakas ini diperkirakan berusia lebih dari 100 ribu tahun dan terdapat sisa-sisa tepung tanaman sejenis gandum di perkakas tersebut.

Mercader mengatakan di era modern, tanaman sejenis gandum ini hanya dipakai untuk membuat roti atau bir.

Dia mengatakan kecil kemungkinan manusia yang hidup di zaman batu memanfaatkan tanaman gandum tersebut untuk membuat bir.

Mungkin, kata Mercader, tanaman tersebut digunakan untuk membuat bubur atau roti.

Jika teori ini benar, penemuan perkakas ini menjadi bukti pertama kegiatan manusia mengolah tanaman untuk menjadi makanan.

Wartawan BBC Lee Carter melaporkan teori yang berkembang sejauh ini adalah manusia yang hidup di zaman batu tersebut berburu untuk mendapatkan makanan.

Para ahli gizi mengatakan pemanfaatan biji-bijian seperti gandum sebagai salah satu makanan akan membuat manusia zaman batu memiliki lebih banyak energi, yang pada akhirnya membuat mereka lebih sehat, kreatif dan berumur panjang.

Kesemuanya ini membantu masyarakat kuno tersebut berkembang menjadi peradaban modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar